Teknologi AI Dalam Perubahan Iklim

Teknologi bisa sangat membantu dalam kehidupan manusia. Namun, selalu ada sisi buruk dalam suatu hal. Termasuk teknologi tercanggih AI yang berurusan dengan perubahan iklim.

Simak ulasannya di bawah sebgai berikut.

Bisa Mengatasi Perubahan Iklim, Bisa Juga Memperburuk Keadaan

Teknologi modern tentu memiliki peran besar dalam memerangi perubahan iklim. Panel surya, turbin angin, dan kendaraan listrik sering menjadi pusat perhatian. Namun, ada satu lagi teknologi yang tidak begitu sering dibahas di bidang iklim yang dapat memainkan peran utama dalam perang melawan perubahan iklim: Kecerdasan buatan.

AI bukanlah semacam “peluru perak” dalam perang melawan perubahan iklim, tetapi merupakan alat tambahan. Salah satu cara paling menarik untuk menggunakan AI adalah mempercepat penelitian ilmiah yang dapat mengarah pada pengembangan lebih banyak alat untuk memerangi perubahan iklim. Sistem kecerdasan buatan dapat digunakan untuk memberi para ilmuwan ide yang lebih baik tentang ke mana harus melakukan penelitian mereka sehingga mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencoba ide-ide yang berbeda.

“AI dan pembelajaran mesin sudah mulai digunakan untuk benar-benar menganalisis hasil eksperimen ilmiah dan rekayasa masa lalu dan merekomendasikan eksperimen mana yang paling bermanfaat untuk dicoba selanjutnya.

Penting untuk mempertimbangkan bagaimana AI dapat bermanfaat bagi mereka yang paling terancam oleh perubahan iklim dan memiliki sumber daya paling sedikit, kata Donti. Sangat penting untuk memastikan itu tidak digunakan dengan cara yang akan menguntungkan mereka yang memiliki sumber daya dengan mengorbankan mereka yang tidak memilikinya. Sistem AI yang bias telah ditemukan pada ketidakadilan rasial dan ekonomi lebih lanjut di masa lalu.

“Algoritma AI dan pembelajaran mesin sama sekali tidak objektif. Mereka pasti mewarisi sistem nilai dan prioritas yang terkait secara eksplisit atau implisit dengan data yang mereka berikan dan masalah yang ingin mereka selesaikan,

AI tidak sempurna—dan kemungkinan besar kita tidak akan pernah mendapatkan jawaban sempurna atas dilema iklim kita darinya. Namun, ini dapat digunakan untuk mempercepat penelitian, menganalisis sumber daya energi, menghasilkan prakiraan, memantau planet saat berubah, dan banyak lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.